Penyakit Kawasaki

Selayang Pandang Mengenai Penyakit Kawasaki Pada Anak

Anak – anak merupakan subjek yang rentan akan terkena penyakit. Dimana anak – anak memiliki imunitas yang lebih rendah dibandingkan orang normal pada umumnya.  Hal tersebut menyebabkan selama pertumbuhan anak diperlukan asupan nutrisi yang baik dan juga sesuai dengan kebutuhan anak. Selain itu, kegiatan imunisasi dan juga check up berkala ke dokter anak atau melalui posyandu dapat dilakukan untuk mendukung kesehatan anak selama tumbuh kembang mereka. Sebab, kesehatan anak penting untuk mendukung kesehatan mereka.

Penyakit Kawasaki
Penyakit Kawasaki

Salah satu penyakit yang lebih banyak menjangkit anak – anak adalah penyakit Kawasaki. Dimana penyakit Kawasaki merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada dinding pembuluh arteri pada anak. Arteri yang biasanya terjangkit penyakit ini akan mengganggu suplai darah menuju jantung yang akan menyebabkan komplikasi pada jantung jika terus memburuk. Penyakit Kawasaki akan memiliki dampak pada sistem pernapasan anak yakni mulut, hidung, tenggorokan hingga membrane mukosa. Penyakit ini jarang diderita oleh anak dimana kemungkinannya 1 dibandingkan 10.000. Namun, virus atau bakteri penyakit Kawasaki akan lebih menyukai infeksi pada anak.

Penyakit Kawasaki memiliki beberapa gejala yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur. Beberapa gejala yang kerap ditunjukkan oleh penderita penyakit Kawasaki adalah :

  1.     Demam tinggi 39o C selama kurang lebih 3 hari
  2.     Ruam pada kulit anak
  3.     Terjadi pembengkakan pada telapak kaki dan tangan
  4.     Rewel atau marah – marah
  5.     Pengelupasan kulit pada kondisi buruk
  6.     Diare
  7.     Muntah
  8.     Nyeri pada perut

Beberapa gejala yang dituliskan diatas merupakan gejala yang kerap muncul dan dirasakan oleh penderita penyakit Kawasaki. Penderita penyakit Kawasaki juga kerap dirasakan pada orang dewasa namun biasanya anak – anak menjadi target utama penyakit ini. Jika anda merasakan beberapa gejala di atas pada anak anda, maka ada baiknya anda melakukan kegiatan pemeriksaan pada dokter untuk mengetahui kondisi anak anda.

Penyakit Kawasaki merupakan salah satu penyakit yang memerlukan pertolongan dalam perawatan. Jika tidak ditangani dengan baik, maka penyakit ini akan menyebabkan komplikasi. Sehingga dibutuhkan perawatan untuk mengurangi penyebab penyakit dan rasa sakit yang diderita. Penyakit Kawasaki dapat disembuhkan dengan pengobatan secara bertahap pada penderita penyakit Kawasaki ini. Jika telah memasuki fase penyembuhan maka penderita penyakit Kawasaki akan merasa mudah lelah dan masih mudah capek.

Jika anak anda termasuk dari sekian banyak anak yang mengalami penyakit Kawasaki, maka anda dapat melakukan kunjungan ke Orami magazine. Dimana didalam Orami magazine akan dijelaskan dengan lengkap mengenai penyakit ini dan cara penanganan akan penyakit ini. Melakukan kegiatan membaca Orami magazine secara berkala akan meningkatkan pengetahuan anda dan informasi anda seputar anak dan juga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *