Susu Kental Manis

Cara Tepat Menyimpan Susu Kental Manis Agar Tahan Lama

Susu kental manis cocok digunakan untuk membuat apa saja baik itu dicampur dengan air menjadi susu, campuran susu bubuk, membuat pudding, kue, olesan roti, campuran kopi, teh, jus buah, dan masih banyak lagi. Maka dari itu susu kental manis menjadi produk yang wajib ada.

Namun terkadang yang menjadi pertimbangan untuk membeli susu kental manis yaitu cara penyimpanannya. Susu kental manis biasanya dikemas dalam bentuk sachet, pouch, ataupun dalam bentuk kalengan. Terkadang susu kental manis ini tidak akan bisa langsung habis digunakan sehingga harus disimpan dengan baik agar tidak rusak dan basi.

Susu Kental Manis
Susu Kental Manis

Cara anda menyimpan susu kental manis akan mempengaruhi kualitasnya bahkan dapat menurunkan manfaatnya dan tidak segar lagi seperti saat pertama membelinya. Apabila tidak disimpan dengan baik, susu kental manis bisa saja menjadi sarang pertumbuhan mikroba yang menjadi penyebab susu kental manis tidak dapat lagi dikonsumsi karena warnanya sudah berubah dan menimbulkan bau tidak sedap.

Cara Menyimpan Susu Kental Manis

Seringkali banyak yang salah dalam menyimpan susu kental manis sehingga menyebabkan susu menjadi rusak dan tidak lagi layak dikonsumsi padahal isinya masih banyak. Tentu saja hal tersebut sangat disayangkan. Untuk menjaga kualitas susu kental manis agar tetap bagus dan enak terutama bila anda membeli susu kental manis yang dikemas dalam bentuk kalengan, sebaiknya menyimpannya di dalam kulkas untuk menjaganya agar tidak rusak dan menjadi sarang bakteri.

Pada umumnya susu kental manis hanya dapat bertahan kurang lebih 5 hingga 10 hari saja setelah dibuka. Maka dari itu disarankan untuk segera dihabiskan setelah dibuka. Namun apabila tidak memungkinkan dan ingin menyimpannya lebih lama, susu kental manis bisa dipindahkan ke wadah lain terlebih dahulu kemudian ditutup rapat. Pastikan untuk menggunakan wadah kedap udara agar kualitasnya lebih terjamin.

Susu kental manis tidak dapat dibekukan sehingga anda harus menghindari menyimpan susu kental manis di dalam freezer agar susu tidak rusak. Simpan pada bagian bawah kulkas seperti biasanya untuk menjaga keawetannya. Namun jika memungkinkan, segera habiskan susu kental manis dan jangan disimpan terlalu lama meskipun sudah disimpan di dalam kulkas.

Apabila anda ingin membeli susu kental manis kemasan kaleng, pastikan kaleng tidak rusak misalnya tidak penyok, tidak menggembung, dan kertas pembungkus kaleng juga masih dalam keadaan baik. Benjolan pada kaleng bisa dikarenakan terbentuknya gas dari susu yang sudah basi.

Anda juga bisa mengetahui susu yang sudah basi dari warnanya. Susu kental manis vanilla biasanya memiliki warna krem terang namun apabila susu sudah rusak maka warnanya akan berubah menjadi kuning gelap sehingga mengalami penurunan kualitas. Untuk susu kental manis cokelat yang sudah tidak layak pakai maka akan terdapat gumpalan-gumpalan pada saat susu dituang. Rasa susu yang sudah basi juga akan terasa asam.

Agar lebih praktis, anda bisa membeli susu kental manis kemasan pouch dari Frisian Flag yang sudah memiliki tutup sehingga lebih mudah digunakan dan disimpan. Apabila ingin langsung menggunakannya bisa membeli kemasan susu kental manis Frisian Flag sachet sekali pakai.

Anda bisa membeli susu kental manis Frisian Flag di toko online Blibli.com. Susu kental manis Frisian Flag cocok digunakan untuk apa saja dengan harganya yang murah yaitu hanya Rp 10.000 untuk 370g. Pengirimannya yang cepat dan metode pembayaran yang praktis akan memudahkan anda dalam berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *