Manfaat Daun Centongan Yang Perlu Anda Ketahui

7 Manfaat Daun Centongan Yang Perlu Anda Ketahui

Daun centongan atau yang dikenal juga dengan tempuh wiyang merupakan salah satu tanaman obat yang banyak ditemukan di Indonesia dan daerah Asia Tenggara.

Di Indonesia tanaman ini mempunyai banyak nama panggilan tergantung daerahnya. Misalnya orang Jawa menyebutnya dengan nama jonge, orang Maluku menyebutnya kaho mahiri, sementara orang Sulawesi menyebutnya halmah, dan masih banyak lagi nama panggilan untuk tanaman ini. Tidak hanya diolah secara manual bahkan daun centongan telah dipakai dalam industri farmasi sebagai materi adonan pembuatan obat sehingga keuntungannya bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Selain sebagai tanaman obat daun centongan juga banyak dikonsumsi dalam bentuk lalapan meskipun sedikit pahit dan citarasanya ibarat rempah-rempah. Manfaat daun centongan bagi kesehatan didukung oleh kandungan senyawa penting di dalamnya ibarat saponin, flavonoid, dan polifenol.

Daun centongan sanggup dengan gampang dikenali yaitu bentuknya memanjang dengan ujung lancip ibarat dengan jarum. Disebut sebagai tanaman obat lantaran daun centongan mempunyai banyak manfaat untuk pengobatan aneka macam jenis penyakit. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat daun centongan untuk pengobatan dan kesehatan:

Manfaat Daun Centongan Yang Perlu Anda Ketahui
Manfaat Daun Centongan Yang Perlu Anda Ketahui

1. Mengobati bisul

Bisul sanggup tumbuh di aneka macam pecahan badan serta menimbulkan rasa nyeri dan bengkak. Untuk mengatasinya telah tersedia aneka macam obat siap pakai ibarat manfaat rivanol dan manfaat zambuk. Namun jikalau menginginkan cara yang lebih alami maka anda sanggup memanfaatkan daun centongan. Caranya sangat mudah, daun centongan yang telah dicuci higienis dilumatkan sampai cukup halus lalu dibalurkan pada bisul. Dengan pemakaian teratur maka nyeri yang terasa akan berangsur berkurang dan bisul pun berangsur sembuh.

2. Mengatasi pembengkakan

Ramuan daun centongan juga ampuh dipakai untuk mengatasi pembengkakan. Dengan penggunaan secara rutin jerawat dan rasa nyeri yang ditimbulkannya sanggup teratasi. Selain itu anda juga sanggup memakai beberapa materi alami lainnya ibarat manfaat batang kelor dan manfaat daun bakung yang juga mempunyai manfaat serupa.

3. Mengatasi sakit tenggorokan

Manfaat daun centongan yang tidak kalah penting ialah sanggup mengatasi sakit pada tenggorokan. Timbulnya sakit atau radang ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau kuman yang menyerang jalan masuk pernapasan pecahan atas. Namun bila di lingkungan anda sulit menemukan daun ini maka anda juga sanggup memakai bahan-bahan alami lainnya ibarat manfaat lo han kuo dan manfaat wedang ronde.

4. Meredakan demam

Jika anak atau anggota keluarga anda terjangkit demam maka daun centongan sanggup anda manfaatkan untuk mengatasinya. Ini sanggup menjadi langkah pengobatan yang alami selain memakai obat-obatan ibarat manfaat parasetamol dan manfaat obat neuralgin.

5. Mengatasi wasir

Daun centongan juga sanggup dipakai untuk mengatasi gejala-gejala wasir. Untuk mendapat keuntungannya secara maksimal sebaiknya ramuan daun centongan dipakai secara rutin sampai wasir berangsur pulih. Disamping daun centongan ada banyak pilihan materi alami lainnya yang sanggup dipakai diantaranya manfaat daun miana, manfaat pisang batu, serta manfaat daun suji untuk wasir.

6. Mengobati liver atau hati

Ramuan daun centongan juga baik dikonsumsi untuk kesehatan organ badan pecahan dalam salah satunya hati. Dengan rajin mengonsumsi ramuan ini sanggup membantu memelihara kesehatan hati serta mengatasi aneka macam gangguan pada hati.

7. Mengobati sariawan

Sariawan merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami oleh semua orang. Meskipun demikian hal ini tidakĀ  sanggup dianggap enteng. Jika terkena sariawan sebaiknya segera diobati. Ada banyak obat alami untuk mengatasinya diantaranya daun centongan, manfaat biji rambutan, manfaat rebusan daun sukun, dan lain sebagainya.

Itulah diantara manfaat daun centongan yang penting untuk anda ketahui sehingga dikala terjadi gangguan kesehatan pribadi sanggup ditanggulangi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar anda. Namun jikalau penyakit atau gangguan kesehatan anda tidak juga membaik ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter sehingga mendapat diagnosis dan pengobatan lanjutan.